Tips Merawat Wajah Berjerawat Dijamin Antiribet

Jerawat merupakan salah satu gangguan kulit yang paling menyebalkan bagi pemiliknya. Meskipun tidak berakibat fatal pada kematian, namun penyakit ini mampu membuat seseorang malu setengah mati, bahkan tidak mau bertemu dengan orang lain. Memang, mempunyai kulit yang mudah berjerawat harus ekstra sabar. Salah sedikit saja dalam merawatnya, jerawat dapat bermunculan begitu saja. Nah, berikut ini beberapa cara perawatan wajah agar jerawat tidak mudah muncul.

# Mencari Tahu Penyebab Munculnya Jerawat

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui faktor penyebab jerawat dapat muncul. perawatan wajahSecara garis besar, ada dua penyebabnya, yaitu internal dan eksternal. Faktor internal penyebab jerawat antara lain riwayat keluarga, perubahan hormon, dan penyakit tertentu. Sedangkan, faktor eksternal antara lain kebersihan wajah, kebiasaan tidur, pola makan, dan penggunaan make up. Dengan mengetahui penyebabnya, solusi paling tepat akan lebih mudah dilakukan.

# Mencegah Munculnya Jerawat

Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Meskipun jenis kulit Anda termasuk kategori kulit berminyak, Anda tetap bisa menghindari jerawat dengan beberapa cara berikut ini.

  1. Rutin Mencuci Muka

obat jerawatPada umumnya, jerawat akan muncul pada kulit-kulit kotor. Oleh karena itu, untuk menghindari kemunculannya Anda harus melakukan perawatan kulit wajah. Sangat disarankan untuk mencuci muka dengan menggunakan pembersih berbahan BHA (tidak lebih dari 2%) 2–3 kali sehari.

  1. Menggunakan Toner Setelah Cuci Muka

Setelah cuci muka, gunakan toner AHA untuk kulit berminyak dan toner PHA untuk kulit kering atau sensitif. Toner ini berfungsi untuk membersihkan sisa kotoran yang masih menempel setelah wajah dicuci.

  1. Menggunakan Produk Berbahan Gel

Untuk kulit berminyak, lebih cocok menggunakan produk kecantikan berbentuk gel atau losion. Sebab, produk tersebut tidak akan merangsang kelenjar minyak untuk lebih aktif.

  1. Cukup Tidur

Agar kecantikan wajah tetap terjaga, Anda juga harus mempunyai waktu cukup untuk tidur. Jangan biasakan begadang karena dapat merangsang produksi hormon kortisol yang dapat merangsang terbentuknya jerawat batu.

  1. Hindari Makanan dengan Indeks Glikemik Tinggi

Makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat memperbesar kelenjar minyak sehingga peluang munculnya jerawat juga meningkat. Oleh karena itu, hindari makanan dengan indeks glikemik tinggi (di atas 70) agar kulit wajah cerah dapat terus Anda miliki.

# Mengobati Jerawat

Jika jerawat sudah terlanjur muncul, jangan panik. Segera lakukan upaya untuk menghilangkan jerawat dengan cara benar. Salah satu cara yang paling dianjurkan adalah menggunakan krim dokter. Dengan resep dari dokter, dijamin obat jerawat yang digunakan lebih aman dan cocok untuk jenis kulit Anda.

menghilankan jerawatBagaimana jika menggunakan produk yang dijual di pasaran untuk membersihkan jerawat? Sebenarnya, tidak masalah. Asalkan, Anda memilih krim jerawat yang mengandung BHA, benzoil peroksida, atau asam azelaic. Sebab, ketiga zat tersebut dipercaya dapat meringankan peradangan akibat jerawat. So, mudah bukan untuk mendapatkan kulit wajah halus?

 

Pengen Bebas Jerawat Secara Permanen? dapatkan sekarang Juga Promo Terbatas

Tags: , , , ,
Previous Post

Benarkah 6 Makanan Ini Dapat Memicu Timbulnya Jerawat?

Next Post

Tips Membersihkan Jerawat secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *