Pemicu Asam Lambung Tinggi dan Naik Saat Puasa

Puasa merupakan ibadah yang sering di lakukan oleh kaum muslim, apalagi bila sedang ada pada bulan ramadhan, bulan dimana para umat islam melaksanakan puasa wajib selama 30 hari.

Puasa adalah ibadah dimana seseorang tidak boleh makan ataupun minum dari terbitnya fajar sampai tergelamnya matahari. Asam lambung tinggi atau Gastro Esophageal reflux disease di singkat GERD adalah penyakit diamana lambung terjadi kelebihan asam lambung, dan yang semestinya asam lambung itu membunuh bakteri yang jahat yang ada di lambung malah berbalik mengiritasi lambung itu sendiri dan bisa naik ke tenggorokan, dan mengiritasi lapisan tenggorokan.

Ketika seseorang menjalankan puasa tentunya seseorang tersebut sangat mudah sekali terkena asam lambung tinggi bila salah-salah mengkonsumsi jenis makanan atau ketika berbuka atau ketika sahur. atau ketika melakukan kebiasaan yang tidak sehat lainya. Maka dari itu dalam artikel ini di bahas Pemicu Asam Lambung Tinggi dan Naik Saat Puasa, supaya anda dapat memahi dan mengatasinya dengan cara yang tepat.

Menurut dokter spesial penyakit yang ada di Rumah sakit Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, Bila sudah makan jangan langsung tidur, ketika lambung terisi penuh itu memudahkan asam lambung naik ke esofagus. Posisi berbaring saat tidur itulah yang dapat menyebabkan isi lambung berbalik arah ke kerongkongan. Setelah makan sebaiknya jangan langsung berbagari, posisi tidur berbaring dapat membuat katup lambung, sangat beresiko sekali asam lambung naik ke kerongkongan.

Bila ingin berbaring posisi berbaringpun sebaiknya harus lebih tinggi dari lambung, supaya asam lambung tidak naik. Biasanya asam lambung disebabkan oleh terlalu banyak makan pada waktu malam. Idealnya makan itu 2 – 3 jam sebelum tidur, bila anda melakukan ini perncernaan anda akan aman meskipun anda melakukan ibadah puasa.

Untuk asupan makanan ketika berbuka sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin dan gizi dan serat. Hindari makanan yang memiliki lemak tinggi dan kafein, sebab bisa merangsang terjadinya kenaikan asam lambung tinggi pada lambung.

<<Klik disini>> Untuk melihat detail selebihnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *