Lebih Dekat dengan Kulit serta Jerawat

jerawat

Jerawat merupakan suatu kendala kronis yang terjalin pada kelenjar sebaceous. Walaupun terkadang kita memandang jerawat berkembang sedini kilat, kemarin kulit bersih, saat ini berkembang jerawat, tetapi sesungguhnya kedatangan jerawat memerlukan proses yang diawali pada tingkatan sel. Seluruh jerawat timbul bagaikan akibat dari penyumbatan pada folikel rambut ataupun pori- pori. Menguasai gimana penyumbatan tersebut terjalin serta gimana suatu jerawat berkembang hendak sangat menolong dalam melenyapkan jerawat.

  • Epidermis

Epidermis merupakan bagian terluar dari kulit. Bagian inilah yang bisa Kamu amati dengan mata telanjang. Epidermis terdiri dari 5 susunan. Susunan yang sangat dalam merupakan stratum germinativum. Susunan ini terdiri dari suatu susunan sel. Pemisahan sel ataupun mitosis terjalin pada susunan ini. Sel yang sudah tercipta di stratum germinativum setelah itu mengawali perjalanannya mengarah ke permukaan kulit. Susunan kulit yang mereka lalui merupakan stratum mucosum, kemudian mengarah ke stratum spinosum. Ketiga susunan ini, ialah stratum germinativum, mucosum, serta spinosum yang diketahui bagaikan susunan basal. Setelah itu sel- sel kulit naik ke susunan stratum granulosum. Di susunan ini, sel- sel kulit mengering serta membeku. Pada kesimpulannya, sel- sel kulit menggapai susunan stratum corneum serta mati di susunan ini. Susunan stratum corneum terdiri dari susunan padat sel- sel kulit mati. Sel- sel kulit mati pada susunan ini mengelupas serta digantikan oleh sel- sel selanjutnya. Proses ini diketahui dengan sebutan desquamation. Proses dari pembuatan sel sampai peluruhan memakan waktu 28 hari.

  • Dermis

Dermis merupakan bagian terdalam dari kulit yang terdiri dari jaringan ikat yang kokoh. Dermis berperan buat berikan nutrisi serta menyalurkan darah ke epidermis. Dermis pula berperan buat membentuk elastisitas pada kulit. Apabila dibanding dengan epidermis, dermis lebih tebal tetapi cuma terdiri dari 2 buah susunan, ialah susunan papiler serta susunan retikuler. Di dalam dermis ada pembuluh darah, saluran getah bening, saraf, otot- otot arrector pili( otot yang membuat rambut beridir), kelenjar keringat( sudoriferous), kelenjar minyak( sebaceous), serta folikel rambut. Butuh Kamu tahu kalau kemunculan jerawat bermula dari folikel rambut serta kelenjar minyak.

  • Folikel rambut

Folikel rambut merupakan suatu tabung kecil yang membolehkan rambut serta sebum menggapai permukaan kulit. Folikel terdiri dari lubang rambut, pangkal rambut, saluran sebaceous, serta kelenjar sebaceous. Walaupun ada di dermis, susunan epidermis berakhir di dalam folikel rambut. Wajarnya folikel berperan buat menyalurkan minyak ataupun sebum yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous mengarah ke pori- pori. Pada biasanya sebum serta sel- sel kulit mati rontok dari kulit lewat lubang pori- pori. Tetapi pada kulit yang berjerawat, proses ini jadi tidak wajar. Pada kulit yang rentan terhadap jerawat, sebum serta sel- sel kulit mati terperangkap di dalam folikel. Penimbunan puing- puing sel serta sebaceous menutup lubang pori- pori. Inilah yang diketahui bagaikan komedo yang berupa tonjolan pada permukaan kulit.

  • Propionibacteria acnes

Propionibacteria acnes ataupun P. acnes merupakan kuman yang merangsang timbulnya jerawat yang meradang. P. acnes umumnya timbul di folikel rambut. Sesungguhnya kuman ini tidak beresiko. Tetapi pada kulit yang rentan terhadap jerawat, P. acnes tumbuh biak dengan sangat pesat. Kala komedo menutup pori- pori, komedo tersebut menghasilkan area yang anaerobik, ataupun area yang sedikit oksigen. Area yang anaerobik serta ketersediaan sebum ialah area yang baik untuk perkembangan P. acnes. Bersamaan dengan penimbunan sebum, kulit mati serta kuman, folikel mulai membesar. Bilik folikel rusak serta masuk ke dermis. Sel darah putih juga melaksanakan tugasnya buat memerangi kuman. Setelah itu kulit jadi bengkak serta merah, kemudian tercipta nanah, yang pada kesimpulannya jadi jerawat. Bila pecahan folikel terjalin di dekat permukaan kulit, umumnya jerawat yang ditimbulkan merupakan jerawat yang ringan serta kilat sembuh. Tetapi apabila pecahan terjalin di susunan dalam, hingga jerawat yang mencuat hendak terus menjadi berat serta susah buat dipulihkan.

Informasi lengkapnya langsung <<KLIK DISINI>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *