Ini 4 Ciri-Ciri Kosmetik Aman dan Nyaman Dipakai Selama Ramadan, Pilih yang Alami

Kosmetik Aman

Bagi perempuan menggunakan kosmetik menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan dalam beraktivitas sehari-hari. Terlebih di bulan puasa ini, di saat kulit kering dan kusam salah satu cara untuk menutupinya ialah dengan menggunkan kosmetik.

Selama berpuasa aktivitas di luar menuntut kita untuk selalu bertemu dengan matahari. Jika tidak dijaga, kulit akan mudah terbakar dan terasa kering. Selain olahraga dan banyak mengonsumsi air mineral, selalu tampil segar saat berpuasa juga bisa diatasi dengan penggunaan kosmetik.

Asal, bijak menggunakannya dan dalam porsi yang tepat. Selain itu tetap memperhatikan kehalalannya. Namun, tidak semua kosmetik aman digunakan selama puasa. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, ini 4 ciri-ciri kosmetik aman dan nyaman dipakai selama Ramadan, Jumat (24/4/2020).

Cek KLIK

Cara pertama sebelum membeli produk kosmetik aman adalah cek KLIK. Cek KLIK artinya cek kemasan, label, izin edar, dan tanggal kedaluwarsa pada kosmetik. Pertama-tama, cek kemasan dan label produk kosmetik yang Anda beli. Periksa setiap sisinya apakah terdapat kecacatan dan perbedaan dengan kemasan kosmetik yang asli.

Selanjutnya, temukan Nomor Izin Edar (NIE) pada kemasan produk. Kosmetik yang legal dan aman sudah pasti mengantongi izin resmi dari BPOM dan memiliki nomor izin edar tersebut. Artinya, bahan-bahan yang terkandung pun dijamin aman karena sudah diuji terlebih dahulu oleh BPOM.

Selain itu, pastikan bahwa nomor izin edar tersebut benar-benar terdaftar pada web resmi BPOM. Sebab, mungkin saja beberapa produk kecantikan hanya sekadar menempel nomor izin edar yang asal-asalan. Jika produk kosmetik yang Anda beli tidak memiliki nomor izin edar maupun tidak benar-benar terdaftar, maka kosmetik tersebut sudah pasti ilegal dan tidak terjamin kandungannya.

Bahan Alami

Cream pemutih wajah aman dan cepat biasanya akan menggunakan bahan-bahan alami sebagai komponen utamanya. Bahan yang dipilih pun tentunya yang mengandung antioksidan.Antioksidan sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Hal ini disebabkan karena antioksidan merupakan molekul yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul lain.

Khasiat dari antioksidan yang ada dalam cream adalah bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membantu pertumbuhan sel kulit baru. Sehingga proses pemutihan di wajah pun berlangsung secara alamiah. Jika dikosmetik yang kamu miliki antioksidan, berarti kosmetik aman digunakan.

Beli di toko kosmetik yang terpercaya

Agar mendapatkan produk kosmetik aman, pastikan Anda membelinya di toko yang terpercaya. Selain toko konvensional, kini sudah banyak toko online yang juga menjual kosmetik kesayangan Anda. Akan tetapi, pastikan bahwa toko tersebut benar-benar terpercaya dan menjual produk kosmetik yang asli.

Jika Anda membeli kosmetik secara langsung di toko, perhatikan lagi kemasan, tekstur, aroma, dan warna kemasan secara detil. Selanjutnya, bandingkan dengan kosmetik asli yang Anda punya.

Bila Anda menemukan bentuk kemasan yang tidak meyakinkan, tekstur produk yang tidak biasa, aroma menyengat, atau warna kemasan yang cenderung pekat atau lebih pudar, maka Anda patut mewaspadainya. Sebab bisa jadi produk tersebut palsu.

Perhatikan reaksi setelah memakai kosmetik

Bagi Anda yang sudah sering membeli kosmetik tentu sudah handal dalam mencoba tester kosmetik aman. Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit produk ke bagian punggung tangan untuk melihat tekstur dan warna, apakah cocok dengan yang Anda cari atau tidak.

Jangan salah, cara ini tidak hanya sekadar mencocokkan produk kosmetik dengan keinginan Anda, lho. Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai salah satu cara memilih produk kosmetik yang aman. Setelah mengoleskan segaris kosmetik di punggung tangan, coba lihat tekstur, warna, dan aromanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *