Cara Mencegah Naiknya Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah masalah yang cukup umum terjadi di masyarakat. Kondisi ini terjadi disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus dan menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan merupakan bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung.

Mengetahui cara mencegah naiknya asam lambung sangat penting. Naiknya asam lambung terjadi karena adanya peningkatan zat asam yang berlebihan. Akibatnya nyeri disekitar dada akan menyebabkan tidak nyaman disertai juga rasa mulut yang tidak enak.

  • Kurangi Berat Badan

kelebihan berat badan merupakan salah satu faktor yang dapa tmempengaruhi asam lambung tinggi. Maka dari itu, melakukan diet sehat dengan mengkonsumsi sayuran yang kaya serat dan karbohidrat kompleks mampu mengontrol gula darah dan membakar lemak dalam tubuh dengan berat badan yang ideal kita dapat mencegah asam lambung tinggi.

  • Kurangi makanan yang dapat memicu asam lambung tinggi

Asam lambung tinggi dapat dicegah dengan mengurangi konsumsi makanan yang dapat memicu asam lambung naik yaitu makanan seperti bawang putih, tomat, dsb.

  • Konsumsi air putih yang cukup.

Dehidrasi atau kurang cairan dalam tubuh dapat mempengaruhi peningkatan asam lambung tinggi. Akan tetapi, terlalu banyak minum juga membuat lambung cepat penuh dan berakibat naiknya produksi asam lambung. Maka dari itu, kita harus dapat mengontrol saat kita minum, seperti minum satu jam sebelum makan.

  • Kurangi asupan karbohidrat

Mengurangi makanan yang mengandung gula dan makanan tinggi karbohidrat bisa mengurangi gejala asam lmabung naik. Sebuah studi penelitian menyimpulkan karbohidrat sangat berperan memicu asam lambung dibandingkan dengan kopi ataupun lemak.

  • Cukup tidur dan kurangi stress

Orang yang sering bergadang pada malam hari cenderung lebih rentan mengalmai asam lambung naik. Maka dari itu, pastikan dan usahakan anda tidur yang cukup, setidaknya 7-9 jam setiap hari secara teratur. Selain kurang tidur, stres juga dapat memicu terjadinya berbagai macam penyakit, seperti hipertensi dan termasuk juga asam lambung tinggi.

 

<<Klik disini>> Untuk melihat detail selebihnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *